Pada Jumat (24/4) kemarin, AMD telah memperkenalkan platform processor Dragon quad-core, yakni Phenom II X4 3.2GHz Black Edition (BE). Hardware processor satu ini ditujukan khusus untuk maniak game dan komputer, karena AMD Phenom II X4 955 BE 3.2GHz ini diklaim AMD dapat menjadi competitor utama dari Intel Core 2 Quad Q9550. AMD juga mengklaim bahwa processor X4 955 BE dapat berjalan hingga kecepatan 7GHz di bawah kondisi jumlah pendingin yang ekstrim.


Menurut Brent Barry, manager produk AMD, mengatakan bahwa AMD memiliki kecepatan dua kali lipat selama testing di CPU. Barry menambahkan bahwa element Liquid Helium juga dapat berpotensi untuk mendinginkan system di bawah suhu -240 derajat Celcius daripada Liquid Nitrogen, yang hanya dapat mengatur temperature device hanya -140 derajat Celcius.

Salah satu juru bicara AMD, Matt Davis, mencatat bahwa jumlah Liquid Helium yang besar akan berlaku sebagai ekstra pendingin ketika system mengalami overclocking lebih dari dua kali frekuensi kecepatan yang ditawarkan. Namun, bagaimanapun processor AMD Phenom II X4 955 BE 3.2GHz ini dapat mengalami overclock hingga 3.8GHz dengan aman di rumah dengan bantuan metode fan pendingin konvensional helium cair tersebut. AMD juga membuat aplikasi OverDrive yang dapat mengamankan profil overclocking processor tersebut, dan telah diuji sebelumnya untuk mengecek kestabilan systemnya.(h_n)