Seagate telah meluncurkan sebuah harddisk personal yang secara otomatis mem-backup data via USB. Seagate Replica, didesain untuk penggunaan rumah dan kantor, dan secara otomatis akan membawa mirror atau duplikat harddisk yang lengkap, termasuk semua aplikasi, system operasi, dan semua data lainnya. Seagate Replica memiliki



dua kabel USB, satu untuk power device dan lainnya untuk transfer data. Sekali device tersebut terkoneksi ke PC, maka akan secara otomatis mem-backup data tanpa perlu interaksi user.

Hardware harddisk Seagate Replica hadir dalam dua konfigurasi. Yang pertama, Replica 250GB yang dibandrol harga sekitar $130, didesain untuk backup satu PC. Sementara untuk Replica 500GB dijual seharga $200, memiliki dock dan dapat digunakan untuk backup multi PC. Harddisk Seagate Replica ini benar-benar akan membuat copy-an dari isi PC. Jika harddisk rusak atau error, user dapat menginstalnya kembali copy-an dari Replica ke harddisk yang baru.

Proses backup dari hardware harddisk Seagate Replica akan berlangsung lebih kurang dalam waktu 40 menit, tergantung banyaknya junk file di PC. Namun, setelah Replica akan segera melakukan backup kembali secara otomatis dan cepat, segera setelah adanya perubahan atau penambahan file oleh user. Satu kekurangan dari system Seagate Replica ini adalah user tidak bisa men-drag dan drop file yang dipilih langsung ke Seagate Replica.

Untuk melakukannya, user harus melakukan copy dari PC Windows. Untuk fitur harddisk Seagate Replica ini hanya dapat mem-backup data di system Windows, bukan Mac, yang juga memiliki fitur software backup Time Machine.(h_n)