Lenovo telah menghadirkan dua workstation high-end yang dibangun dengan chip processor kelas Intel Nehalem quad core, dengan target pengguna yang menginginkan performance tingkat tinggi. Paket workstation ThinkStation S20 dan D20 tersebut menggunakan teknologi yang terbaru dari arsitektur hardware chip Intel Core i7. Improvisasi tersebut menurut Ming Xie, manager product ThinkStation, termasuk meningkatkan efisien energi, kemampuan manajemen power yang lebih baik dan integrasi memory controller untuk operasi floating point.


Seperti workstation Apple Mac Pro yang diumumkan di awal bulan ini, Lenovo LThinkStation akan dibangun dengan chip Intel Xeon 5500 atau W3500. Sedangkan untuk Lenovo ThinkStation S20 akan dilengkapi dengan chipset Intel X58, dan D20 dengan Intel 5520. “Terdapat banyak fitur mengagumkan di semua mesin ini. Processor Intel tersebut akan membawa power ketika system berada dalam keadaan ‘diam’, dan user tidak perlu membayar listrik banyak ketika mereka tidak menggunakan workstation ini.” ungkap Xie.

“ThinkStation S20 dan D20 yang baru ini didesain untuk teknisi dan desainer automobile dan pesawat terbang. Workstation ini ditujukan untuk user yang ingin performance tinggi, yang bekerja dengan multi core. Untuk desktop standard tidak akan mampu memberikan performance yang dibutuhkan.” tambah Xie. Lenovo juga telah melengkapi ThinkStation S20 dan D20 dengan kartu grafis Nvidia Quadro, juga pilihan untuk professional, ATI FirePro.

“Processor di ThinkStation S20 memiliki dual processor dan power supply 1060 watt, bekerja dengan kecepatan 24 desibel dan tidak berisik.” ulas Xie. ThinkStation S20 dan D20 diklaim Lenovo juga ramah lingkungan, karena keduanya dibangun dari bahan plastic daur ulang. Desktop high-end ini kemudian masuk dalam sertifikat EPA Gold dan Green Guard. ThinkStation S20 dan D20 ini akan hadir di kuarter pertama 2009 via Lenovo.com, dengan harga perkiraan masing-masing S20 $1,550 dan D20 dengan harga $1,070.(h_n)