Pada Senin (27/4) kemarin, GE telah mendemonstrasikan sebuah material penyimpanan micro-holographic yang dapat menyimpan data hingga 500GB di sebuah disc berukuran DVD. Teknologi micro-holographic tersebut dikembangkan oleh GE Global Research, sebuah cabang pengembangan teknologi dari General Electric Co., yang berbeda dari penyimpanan optical seperti Blu-ray dan DVD yang hanya menyimpan data hanya di permukaan disc.


Penyimpanan holographic tersebut akan menyimpan di seluruh disk, di multi layer, dan sekaligus akan menambah kepadatan penyimpanan. Sebagai hasilnya satu disc dapat menyimpan data hingga 500GB. GE juga menambahkan bahwa kapasitas dari 500GB tersebut sama halnya dengan 20 single layer Blu-ray disc atau sejumlah 100 DVD. Oleh karena hardware dan format teknologi holographic sama dengan teknologi penyimpanan optical, maka GE menambahkan bahwa player micro-holographic tersebut akan kompatibel dibaca dengan CD, DVD, dan Blu-ray disc player juga.

GE mengungkapkan bahwa pihaknya akan membawa teknologi penyimpanan holographic tersebut ke pasar industri komersial, dan akan diikuti oleh produk yang ditujukan untuk pasar consume. “Karena micro-holographic disc dari GE ini dapat dibaca atau diputar dengan menggunakan optic yang sama, yang ada di Blu-ray player, maka teknologi kami ini akan memiliki harga yang efektif, tahan banting and merupakan drive holographic yang dapat dihandalkan untuk digunakan di setiap rumah. User dapat menyimpan seluruh koleksi film dalam satu disc dan sudah support dengan format beresolusi tinggi, seperti televisi 3D.” ungkap Brian Lawrence, pemimpin program Holographic Storage GE.(h_n)