Ubuntu 9.04 RC (Release Candidate) kini sudah dapat di-download gratis mulai Kamis Sabtu (18/4). Sementara untuk peluncuran versi final dari Ubuntu 9.04 RC ini akan dirilis minggu depan. Versi baru ini juga akan memperkenalkan beberapa improvisasi baru, seperti system notifikasi dari Canonical.


Software Ubuntu 9.04 RC ini akan diluncurkan bersamaan dengan GNOME 2.26 yang memperkenalkan support UpnP untuk totem dan support MAPI untuk email Evolution. Ubuntu 9.04 RC ini juga memiliki desain versi 2.6.28 dari kernel Linux, yang memiliki kestabilan system file Ext4. Sementara dua fitur baru lainnya dalam distro Ubuntu 9.04 RC ini, seperti system notifikasi yang baru dari Canonical dan applet indicator pesan.

Ubuntu 9.04 ini sudah dilakukan pre-released sebelumnya sejak bulan Maret lalu. Sementara untuk Linux edisi server untuk netbook, Kubuntu berbasis KDE (KDE 4.2), dan beberapa varian server lainnya juga memasuki tahap release candidate. KDE tersebut juga siap men-support dengan Eucalyptus, sebuah framework cloud computing.

Untuk instalasi Ubuntu 9.04 RC ini dalam computer dekstop hanya membutuhkan memory RAM 256MB, dengan processor Intel Core 2 untuk semua komputer yang juga berjalan di system Microsoft Windows, dan processor AMD 64 bit, seperti Athlon64, Opteron, EM64T Xeon, dan sebagainya. Untuk download dan informasi lebih lengkap dapat melihat di website Ubuntu 9.04 (releases.ubuntu.com/9.04).(h_n)