Game Sims 3, merupakan game yang mampu memberikan pengalaman permainan Sims yang benar-benar unik, yang bertemakan tinggal bertetangga saling bersebelahan. Game Sims 3 ini memudahkan player untuk mengeksplorasi hubungan dengan tetangga, mengunjungi tetangga rumah, dan eksplorasi daerah sekitarnya. Player juga dapat keluar dan hang out bersama teman-teaman dalam game, bertemu seseorang di taman, atau berjalan-jalan dengan kolega di jalan.


Sebuah tool desain baru yang mudah digunakan juga tercantum dalam game Sims 3 ini, dan memudahkan player untuk kustomisasi yang tidak terbatas, membuat individu Sims. Player dapat membuat karakter dalam Sims, mulai dari bentuk dan ukuran, dari bentuk yang berotot hingga slim. Player juga dapat memilih fitur wajah, jenis dan warna kulit, warna rambut dan style, bentuk mata dan warnanya, juga memilih baju dan asesoris.

Player juga dapat membuat personal nyata di game Sims 3 ini. Player dapat memilih lusinan profil personal dan mengkombinasikannya. Kombinasi yang dipilih berupa sifat keberanian, artistic, penyendiri, perfeksionis, klepto, romantis, paranoid, dan bentuk kelakuan lainnya. Player juga dapat menentukan jenis interaksi dengan Sims lainnya. Semua karakter dalam Sims merupakan individual yang kompleks dengan personality unik yang dapat dibentuk sesuai kebutuhan. Game Sims 3 original ini akan hadir di tahun 2009 ini, kompatibel dengan system operasi Windows XP, Vista atau Mac OSX DVD-Rom, dan dibandrol harga sekitar $69.95.(h_n)