Microsoft dan vendor lainnya telah melakukan perbaikan beberapa masalah dengan browser Internet Explorer 8 sebelum software tersebut diluncurkan secara resmi, Kamis (19/03) lalu. Sejumlah masalah tersebut hadir dalam versi pre-release IE8, setelah dilakukan uji coba di system Windows XP dan platform Vista.

Namun, seperti yang dikutip dari Channel Web, software IE8 belum sepenuhnya sukses, karena setelah diuji dengan tes standard Acid 3 untuk kompatibilitas, memastikan bahwa IE8 dapat bekerja baik dengan teknologi seperti CSS, HTML4 dan XHTML, namun hasilnya IE8 memperoleh skor yang lebih sedikit, yakni 20 dari 100 bila dibandingkan dengan browser baru Google Chrome dengan nilai 79 dari 100 dan Mozilla Firefox 3.1 Beta dengan skor 93 dari 100.

Sementara tes Acid 3 di atas mungkin tidak berimbas apapun kepada user, namun mungkin akan menjadi ganjalan untuk developer. Developer akan mendasarkan kepada standard di atas untuk memastikan apakah pekerjaan mereka dapat berjalan di banyak browser yang berbeda dan system operasi yang berbeda.

Oleh karena banyaknya kritik kepada IE8 selama pre-release, maka hal itu tidak mengubah apapun walaupun sudah melalui testing standard, IE8 versi final mungkin kurang menarik developer yang sudah menjadi skeptis. Sementara itu, kode final IE8 dapat didownload dan diinstal dengan cepat di Windows XP dan Vista. Untuk konsumsi memory, IE8 masih dapet berkompetisi dengan browser lain. Browser IE8 menghabiskan memory 60MB ketika membuka dua website, sedangkan untuk Google Chrome hanya 49MB untuk situs yang sama, dan Firefoc terbaru menghabiskan 56MB untuk hal yang sama. Fitur IE8 lainnya, termasuk “Compatibility Mode”, “Web Slices” juga fitur keamanan tambahan dapat bekerja dengan baik di versi final ini.(h_n)