Microsoft, masih dengan product software Office-nya, kembali mengumumkan akan hadirnya program desktop Office terbaru yang akan merambah pasar konsumen di tahun depan, dan mungkin tidak ada konjungsinya dengan system operasi Windows 7. Microsoft telah mengumumkannya hari ini, Rabu (15/4), bahwa Office 2010 akan segera selesai dan siap untuk dikirim ke manufaktur, di pertengahan tahun 2010 mendatang.


Di tahun depan pun, masih harus menunggu enam minggu ke empat bulan atau lebih untuk program Offcice 2010 tersebut sampai ke PC user, seperti yang disampaikan oleh Chris Capossela, wakil presiden senior dari Microsoft yang membuat Office 2010. Waktunya akan berbeda untuk konsumen individu dan pelaku bisnis besar, dan untuk orang yang membeli paket software tersebut versus yang me-downloadnya, tambah Capossela.

Beberapa pengamat industri sebenarnya telah mengharapkan kehadiran Office 2010 ini di tahun ini, namun CEO (Chief Executive Officer) Microsoft, Steve Ballmer segera memadamkan rumor tersebut di bulan Februari lalu. Capossela pun menolak untuk meyebutkan tanggal spesifik mengenai peluncuran Windows 7, pengganti Windows Vista, yang akan dijadwalkan sampai di konsumen pada akhir bulan Januari 2010.

Microsoft mengungkapkan bahwa Office 2010 ini sebelumnya dikenal dengan nama Office 14, yang memiliki versi lebih slim dari Word, Excel, PowerPoint dan OneNote, dimana user dapat membuat dan mengedit dokumen dalam sebuah browser web. Konsumen juga dapat mengakses Office 2010 secara gratis, dan tentunya Office tersebut juga support iklan, namun Capossela belum memberikan harga untuk Office tanpa iklan.

Microsoft berencana untuk membiarkan ribuan user yang akan menguji portfolio Office tersebut di kuarter ketiga tahun 2009. Microsoft mengatakan bahwa versi email server Exchange terbaru juga dapat dibeli di pertengahan 2009. Ketika dipasangkan dengan program emai Outlook, Exchange 2010 digunakan untuk mencegah email spam dan memberi peringatan kepada user ketika menggunakan “Reply All“ dengan list distribusi kontak yang besar. Untuk Exchange 2010 versi beta akan segera disiapkan di Rabu ini.(h_n)