Apa hubungan Conficker dengan Windows 7?

Worm Conficker atau Kido atau Downadup dapat menyebar ke komputer melalui device removable storage seperti USB drive atau flashdisk. Sementara Microsoft, Selasa (28/4) lalu mengatakan bahwa pihaknya akan mengubah cara penanganan USB drive atau flashdisk di system Windows 7 yang terbaru, versi Release Candidate (RC).


Sebagai hasil perubahannya, Microsoft membuat kebanyakan flashdisk tidak bisa otomatis muncul memunculkan program dengan menggunakan fitur Windows yang dinamakan sebagai AutoRun. Dalam postingan blog Microsoft (blogs.technet.com), Microsoft menjelaskan bahwa jika flashdisk yang terinfeksi dimasukkan di dalam mesin berbasis Windows 7, maka task AutoRun tidak akan ditampilkan.

Sementara di media removable lainnya, seperti CD dan DVD masih dapat menggunakan fitur AutoRun. Selain itu, beberapa flashdisk ‘smart’ yang memiliki software U3 juga masih dapat tertampil sebagai DVD drive, dan menggunakan fitur AutoRun. Perubahan yang dibuat Microsoft ini akan ditunjukkan dalam fitur Windows 7 RC yang menurut rencana akan dipublikasikan di bulan Mei mendatang. Microsoft juga berencana untuk membuat perubahan tersebut di Windows Vista dan Windows XP. Fungsi AutoRun di Windows memang pernah disalahkan atas penyebaran malware yang berasal dari flashdisk.(h_n)