Kabar baru dari Microsoft yang akan menghadirkan Windows Server 2008 Foundation di beberapa bulan ke depan, dalam konfigurasi server dari Dell, IBM dan sebagainya. Pengumuman ini sekaligus menjadi konfirmasi CEO Microsoft, Steve Ballmer, atas diumumkannya sebuah Windows server edisi netbook berharga murah, di bulan Februari lalu.

“Dari pandangan kami, kami memperkenalkan Windows Server dengan biaya yang murah. Jika dilihat, harga hardware untuk server ini akan dibuat lebih murah, sekitar $500. Kami juga akan memeprkenalkan server di level netbook dengan adanya Windows Server 2008 Foundation dalam beberapa bulan ke depan.” ungkap Ballmer.

Microsoft baru saja merilis beberapa detail dari software server Windows Server 2008 Foundation, yang didesain untuk bisnis kecil dengan karyawan kurang dari 15 orang. Microsoft akan meluncurkan Windows Server 2008 Foundation di lebih dari 40 negara dan dalam beberapa bahasa, seperti Inggris tradisional, Simplified Chinese, Jepang, Brazil Portugis, Spanyol, dan Turki.

“Tujuan Microsoft adalah untuk menyediakan solusi berbasis Windows Server untuk setiap kebutuhan konsumen. Dengan Windows Server 2008 Foundation, konsumen dapat mengupgrade ke member Windows Server lainnya, yang menyediakan fungsi tambahan seperti integrasi email, manajemen yang simple, virtualisasi, dan fitur advanced lainnya.” seperti yang disebutkan dalam press release Microsoft. Penjualan Windows Server 2008 Foundation akan ada di dua perusahan global non-profit, TechSoup.org dan Telecentre.org.(h_n)