Sebuah berita menarik bagi pecinta laptop murah tapi bagus. Seperti yang ditawarkan perusahaan pengembang system yang berpusat di Taiwan, Aware Electronics, telah menunjukkan A-View. A-View merupakan netbook dengan fitur ukuran layar terkecil 7 inch. Aware mempromosikan netbook terbarunya ini dalam Electronics and Components China Sourcing Fair 2009, di Hongkong, yang disponsori oleh Global Sources mulai 12 hingga 15 April lalu. Model A-View ini akan dijual dengan harga kisaran US$150 atau sekitar 1.5 juta lebih.



Menurut Aware, A-View ini akan berjalan dengan dua pilihan system, yakni Windows atau Linux. Sedangkan fasilitas lainnya seperti memory 512MB, dan penyimpanan flash SSD NAND 8GB, akan melengkapi teknologi di netbook Aware A-View ini, yang rencananya akan dijual pertama di Eropa. Salah satu keunggulan netbook A-View ini adalah layarnya yang bisa dipisahkan dari keyboard, salah satu bentuk revolusioner pertama dari sebuah netbook.

Dari harga yang semurah itu, tentunya sesuai dengan spesifikasi netbook yang kurang memuaskan. Oleh karena layarnya bisa dilepas, maka user harus bergantung kepada layar touchscreen-nya, dan juga fasilitas 3 cell baterai dari netbook Aware A-View tersebut.(h_n)