Perusahaan hardware grafis, Nvidia telah meluncurkan line baru kartu grafis powerful. Nvidia mengungkapkan bahwa kartu grafis high-end yang dimaksud masih dalam family Quadro, yang ditujukan untuk engineering dan scientific, dan diyakini kartu grafis terbaru tersebut dapat menjadi kartu grafis yang powerful yang pernah diproduksi Nvidia. Berbeda dengan kartu grafis GeForce yang khusus untuk konsumen dan gamer, Quadro ini ditujukan untuk enterprise, sedangkan untuk kartu grafis Tesla ditujukan untuk segmen performance computing terbaik.

Kartu grafis Quadro FX 5800 high-end ini memiliki kualitas lebih dari NVS 295 low-end dengan harga $100. Graphics card Quadro FX 5800 akan support dengan memory grafis 4GB dan pasangan koneksi dual-link DVI. Kartu grafis Nvidia Quadro FX 5800 akan mempersembahkan model gambar 3D beresolusi tinggi dan task visual computing lainnya.

“Misi kami dengan Quadro FX 5800 ini adalah untuk membantu konsumen utnuk menyelesaikan masalah visual yang paling rumit di dunia. Quadro FX 5800 juga akan menjadi pijakan untuk inovasi kartu grafis di waktu sepuluh tahun mendatang.” ungkap Dan Vivoli, wakil presiden marketing Nvidia.

Spesifikasi utama kartu grafis Nvidia Quadro FX 5800 :
Processor Cores Parallel CUDA : 240
Spesifikasi memory GPU (Graphics Processing Unit) :
Total memory : 4 GB
Interface memory : 512-bit
Bandwidth memory (GB/sec) : 102 GB/s GB/sec
Konektor display : 2 Dual Link DVI
Fitur :
Shader Model 4.0
OpenGL 3.0
Microsoft DirectX 10
SLI Frame Rendering
Maximum Power Consumption : 189W