Setelah memberikan pelayanan bagus selama 15 tahun sebagai web hosting gratis, kini GeoCities telah ditutup oleh Yahoo di akhir tahun 2009 ini. Keputusan Yahoo tersebut diumumkan Jumat (24/4), dan untuk tahap awal Yahoo akan menghentikan registrasi account web hosting baru di GeoCities.


Ketika website .com di awal sedang booming, popularitas GeoCities sangat laris, mirip seperti Facebook atau Twitter untuk sekarang ini. Brand layanan web hosting gratis dari GeoCities telah melalui kompetisi yang panjang dengan situs lain, namun masih menjadi pilihan yang sering dipilih untuk online. Namun, bagaimanapun, Yahoo belum memberikan alasan resmi mengapa layanan web hosting gratis ini dihentikan.

GeoCities, pertama kali dikenal sebagai pioneer dalam era portal web personal, dimana siapa saja dapat membangun halaman personal mereka secara online. Menurut Reuters, GeoCities dibeli Yahoo seharga $4.6 miliar di tahun 1999. GeoCities merupakan perusahaan pertama yang membangun komunitas online, dengan member lebih dari 3.5 juta website dalam layanan hosting-nya di akhir tahun 1990-an.

Namun, dalam 8 tahun terakhir ini, menurut Yahoo, pelayanan GeoCities mengalami penurunan atau dimungkinkan dikarenakan platform blogging yang semakin merajalela dan semakin murah. Selain itu, GeoCities sendiri tidak mengalami pembaruan teknologi dengan cepat dan gagal untuk update platform yang diusungnya. Walaupun begitu, GeoCities tetap dianggap sebagai pelopor dalam pembuatan halaman web personal, dengan kemampuan menambah gambar, text, halaman web, dan counter kunjungan website, juga guestbook.

Untuk itu, pihak Yahoo kemudian menyarankan kepada customer GeoCities untuk memindahkan halaman mereka ke layanan Yahoo! Web Hosting. Layanan web hosting Yahoo tersebut termasuk domain personal dan tool lainnya, seperti email, pembangunan situs, bandwith tak terbatas, kapasitas yang lebih, dan sebagainya. Sementara ini, belum diketahui secara pasti alasan Yahoo untuk menghentikan aktivitas GeoCities, setelah sebelumnya Yahoo juga menutup layanan Yahoo! Briefcase tanpa alasan yang pasti pula.(h_n)