Setelah Samsung Blue Earth touchscreen yang mampu menangkap solar sebagai sumber energi, kini sebuah ponsel asal perusahaan manufaktur handphone di Jepang, AU KDDI dan Sharp telah menyatukan ide dan pikiran mereka untuk satu handphone yang unik. KDDI mengklaim bahwa ponsel ini merupakan ponsel pertama di dunia yang anti air dan aman ketika dipergunakan untuk menelepon ketika hujan deras, di dasar kolam renang ataupun di bawah shower kamar mandi.


Ponsel yang memiliki power dari solar matahari dan anti air ini merupakan satu produk baru di bawah project “Green Road”, yang berisi mengenai aktivitas perlindungan lingkungan, yang akan dimulai di musim panas di Jepang, tahun 2009 ini. Sementara perusahaan ponsel dan elektronik lainnya, seperti LG juga telah membuat ponsel berenergi solar yang berharga murah bulan Februari lalu, dan juga Intivation yang telah merilis ZTE Coral-200.

Model ponsel solar KDDI-Sharp ini memiliki panel solar, yang menempel di bagian penutup flip ponsel. Ponsel ini juga menyediakan sejumlah cahaya matahari ketika user mencari lokasi di tengah kegelapan, dan cahaya matahari tersebut juga dipergunakan sebagai power handphone ini. Waktu ‘berjemur’ di bawah sinar matahari hanya berkisar 10 menit, untuk menghasilkan beberapa menit untuk waktu berbicara, atau hingga dua jam untuk power standby.

Namun, sayangnya kedua perusahaan tersebut belum mengemukakan fitur lain dari ponsel ini. Ponsel anti air dan pengambil energi solar ini rencananya akan hadir di Jepang, mulai bulan Juni. Bahkan, untuk spesifikasi dan harga lebih jauh, belum dirilis hingga bulan Juni mendatang.(h_n)