Dua laptop baru telah disiapkan oleh Asus, untuk tipe U series yang dirilis awal Mei lalu. Ketiga laptop tersebut memiliki dukungan performance yang handal, dilengkapi dengan teknologi monitoring Light-In-Motion dan desain yang elegan. Dua notebook baru tersebut, yakni U20 dan U50/UX50 dibuat Asus dengan basis platform Intel CULV (Consumer Ultra Low Voltage), yang diklaim Asus keduanya akan menjadi laptop ramah lingkungan dan hemat biaya produksi.


Teknologi yang memberikan kontribusi hemat energy dari kedua device U20 dan U50/UX50 tersebut adalah Light-In-Motion, yakni sebuah software yang secara otomatis mengatur brightness layar, tergantung dari pencahayaan lingkungan tertentu. Asus mengatakan bahwa display LED backlit kedua notebook meminta power 50 persen lebih hemat dibandingkan panel LCD tradisional, dan keduanya bebas dari merkuri.

Layar notebook U20 dan U50/UX50 didesain untuk kenyamanan pengguna. “Dalam lingkungan yang etrang, brightness layar akan meningkat untuk menambah kemampuan penglihatan user. Sementara di kondisi yang memiliki pencahayaan kurang, seperti di pesawat, maka layar akan diburamkan untuk mengurangi silau di mata user untuk memberikan kenyamanan dan keamanan penggunaan laptop tersebut. “ ungkap pihak Asus.

Asus juga mengklaim bahwa untuk tipe U series tersebut sebagai laptop yang tipis dan ringan. Model laptop U20 diklaim Asus sebagai model paling ringan dengan bobot 1.78kg, sementara untuk U50 menjadi yang paling tipis dengan angka 21.6mm. Fitur lain dari kedua laptop Asus ini adalah webcam, Wi-Fi, Gigabit Ethernet dan koneksi Bluetooth, tool quick boot-up Express Gate V2, memory 4GB RAM dan harddisk 500GB, juga system operasi Windows. Laptop U20 dan U50/UX50 tersebut juga dilengkapi dengan keyboard backlit dengan warna brilliant dan desain yang elegan. Untuk harga laptop U series U20 ini sekitar $1,293 dan notebook U50/UX50 seharga $1,616. Kedua model laptop U series akan hadir di bulan depan.(h_n)