Microsoft telah membuat keputusan baru untuk system Windows 7 yang diaplikasikan di netbook, dengan tidak membatasi jumlah aplikasi yang dapat dijalankan secara bersamaan. Windows 7 Starter Edition akan membuat user dapat menjalankan tiga aplikasi dalam satu waktu. Hal tersebut disampaikan oleh evangelist Microsoft Windows 7, Brandon LeBlanc, Jumat sore (28/5) kemarin.


Software Windows 7 Starter Edition, ini akan hadir di PC low-end, dan tidak memiliki interface Aero Glass dan Taskbar Previews, juga Aero Peak. Dalam Windows 7 Starter Edition ini juga tidak dilengkapi dengan DVD playback, Windows Media Center untuk menonton atau merekam TV media, Remote Media Streaming atau Windows XP Mode untuk menjalankan aplikasi Windows XP dalam desktop virtual.

LeBlanc tidak memberikan alasan untuk perubahan ini. LeBlanc hanya ingin membuat Windows 7 Starter menjadi pilihan yang atraktif untuk PC notebook kecil dan konsumen yang hanya ingin menjalankan task dasar, seperti browsing web, cek email dan aktivitas personal lainnya. Software Windows 7 Starter Edition ini akan hadir untuk netbook dan akan ‘menyingkirkan’ system operasi Windows XP dan Linux dalam beberapa bulan atau tahun.(h_n)