Sebuah robot interaktif telah mendaftarkan diri di Facebook untuk mencari teman. Dr Nikolaus Mavridis, pembuat robot itu mendaftarkan profil Facebook atas nama robot tersebut agar sang robot dapat memiliki hubungan yang berarti dengan manusia.


Mavridis berharap, dengan mengintegrasikan robot dengan situs jejaring sosial, maka hubungan pertemanan yang berkesinambungan antara manusia dengan mesin bisa terwujud. Robot yang bisa mengenali wajah itu dibuat berdasarkan mesin PeopleBot, buatan ActivRobots yang sudah ditambahkan pencari jarak, touch screen, dan juga kamera stereo.

Seperti VIVAnews kutip dari Redorbit, 11 Mei 2009, robot tersebut terdiri dari 3 modul software yang dapat membantunya berinteraksi dengan manusia. Salah satu modul dapat berfungsi untuk membedakan wajah manusia dan gambar-gambar yang mereka pasang di Facebook.

Modul lainnya, yakni modul bahasa memungkinkan mesin tersebut melakukan diskusi secara langsung dan membantu membuat katalog dari teman-teman serta data mereka di Facebook. Ini juga memungkinkan robot tersebut melakukan pengelolaan terhadap profil Facebooknya.