Saya, sebuah robot android mirip wanita yang didesain untuk bermain di kelas anak-anak di Tokyo, Jepang, telah berhasil menunjukkan kepada mereka bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi bisa sangat menyenangkan. Saya, pada awalnya ia difungsikan sebagai robot resepsionis di sebuah perusahan Jepang, dan kemudian deprogram kembali untuk mengajar, memberikan pelajaran di kelas lima Kudan Elementary School di Tokyo, setelah ia dibawa ke podium.


Sementara Professor Hiroshi Kobayashi dari University of Science Tokyo, yang juga membangun Saya, mengungkapkan bahwa Saya dibuat tidak untuk menggantikan guru manusia, namun hanya membantu memberi pengetahuan bahwa teknologi itu sangat menyenangkan. “Kami tidak mencari sesuatu yang akan menggantikan peran guru,namun lebih ke alasan untuk membangun robot dnegan teknologi baru untuk mengajar anak-anak mengenai teknologi. Namun, Saya juga dapat membantu sekolah untuk les privat.” ungkap Kobayashi, seperti yang dilansir dari Reuters.

Menurut Kobayashi, anak-anak sangat senang dengan Saya, terbukti ketika pelajaran selesai, beberapa anak mencubit wajahnya. Jepang, rumah dari setengah 800,000 robot industri di dunia, telah menghabiskan $10 miliar, termasuk untuk pembuatan model yang dapat peduli dengan peningkatan populasi penduduk.(h_n)