Mewakili pemegang saham Saudi Telecom Company (STC), Saud Al Daweesh mengungkapkan kesiapannya untuk mengkaji dan mempertimbangkan keikutsertaan Axis dalam megaproyek Palapa Ring dan bergabung bersama anggota konsorsium yang tersisa, yakni Bakrie Telecom, Telkom, dan Indosat.


Pernyataan itu diungkapkan Saud usai jumpa pers Axis di Menara Axis - Mega Kuningan, Jakarta, Rabu 27 Mei 2009. Menurutnya, sejauh proyek tersebut mendukung keberadaan infrastruktur Axis di Indonesia, hal itu layak untuk dipertimbangkan.

“Kami tengah melakukan investasi besar di Indonesia. Kami siapkan kocek sekitar 1,6 miliar dollar AS untuk pembangunan infrastruktur jaringan NTS. Jika diberi kesempatan untuk menyediakan infrastruktur dengan investasi lebih murah, kami akan pertimbangkannya,” ucap Saud.

Lebih lanjut, dia mengatakan, NTS siap bekerja sama dengan pihak mana saja selama bisa mendukung pengembangan jaringannya. “Selama dapat menunjang operasional untuk NTS juga, kami sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan siapapun, termasuk operator telekomunikasi lain,” ucapnya.

Sementara itu, Rakhmat Junaedi selaku juru bicara konsorsium Palapa Ring sebelumnya mengatakan, siapapun yang ingin ikut bergabung, silahkan mendaftarkan diri.

“Siapa pun yang mau bergabung menjadi anggota konsorsium, silahkan ikut. Kami cukup terbuka,” kata Rakhmat beberapa waktu setelah XL menyatakan mundur dari keanggotaan, di tempat yang berbeda.