Developer Android kini dapat menggunakan SDK (Software Development Kit) “Cupcake” jika mereka memiliki Android Dev Phone 1. Update berita dari Google tersebut dapat dilihat di website developer Android (developer.android.com), dan akan terdapat fitur baru untuk system operasi mobil. Salah satu komplain dari T-Mobile G1 adalah adanya inputan text yang hanya bisa dibuat menggunakan keyboard secara fisik. Namun, kini problem tersebut dapat diatasi dengan keyboard virtual Android 1.5.



System operasi mobile Android versi 1.5 ini juga akan ditambah Bluetooth stereo, video recording dan playback, widget home screen lebih banyak, scrolling halaman lebih halus, ketersediaan informasi lokasi GPS yang cepat, dan improvisasi lainnya. Google mengungkapkan bahwa Android 1.5 SDK ini akan dimasukkan dalam pengembangan handset dan bukan untuk device personal yang digunakan sehari-hari.

“Jika nantinya sudah dirilis aplikasi untuk Android ini, maka user akan dapat menguji kompatibiltas dari aplikasi terbaru tersebut secepat mungkin. Hal ini bukan berarti bahwa user akan menghadapi aplikasi yang sudah rusak, namun lebih kepada untuk memberikan pengalaman yang menarik untuk user, sehingga user akan mendapatkan resiko yang kecil.” seperti yang dilansir dari blog developer Android.

Masih menurut blog tersebut, ada beberapa smartphone atau ponsel yang sudah menggunakan system operasi Android 1.5, seperti HTC Magic yang akan dirilis di bulan Mei di Eropa, karena HTC Magic tidak memiliki keyboard fisik. Selain itu, Samsung Android pertama i7500, juga membutuhkan software untuk keyboard-nya, dan akan dirilis di bulan Juni mendatang.(h_n)