OLPC akan segera mengumumkan sebuah refresh laptop XO-1. Refresh tersebut disebut sebagai Generation 1.5, namun terpisah dari project Generation 2.0. Untuk OLPC Generation 1.5 atau XO-1.5 ini akan melanjutkan desain industri dan baterai yang sama dengan Generation 1. Tujuan diciptakannya OLPC XO-1.5 ini adalah untuk menampilkan update system secara keseluruhan dengan ID yang sama.


Sementara untuk memaksimalkan keberadaan software di dalam XO-1.5, laptop tersebut akan dilengkapi dengan sebuah processor x86 dan menggunakan chipset dari VIA VX855. Untuk memorinya akan menggunakan SDRAM DDR2 1GB dan penyimpanan berupa SSD NAND Flash 8GB. Processor VIA C7-M, akan memiliki range kecepatan clock antara 400MHz (power 1.5W) hingga 1GHz (power 5W).

Satu chip processor menyediakan interface memory, sebuah engine 3D, satu video HD decoder, USB, SDIO, dan interface system lainnya, juga fungsi manajemen dalam power yang lebih rendah. Satu perubahan didapat dari laptop sebelumnya, berupa dari AC’97 ke Audio HD (High-Definition), sehingga sekaligus dapat mengupdate inputan eksternal microphone stereo dan sensor DC. Untuk jaringannya, laptop XO-1.5 ini telah support dengan 802.11s.

Laptop Generation 1.5 ini memiliki display dengan fitur PixelQi, untuk menambah efek terang dan efisiensi layar. Secara keseluruhan, laptop XO-1.5 ini lebih hemat power dibandingkan dnegan Gen 1 XO-1, dan akan terjadi perubahan harga yang lebih murah, sesuai dengan spesifikasi komponen laptop yang berubah. Rencananya laptop XO-1.5 ini akan dirilis pertama di Africa, namun belum diketahui kapan tanggal rilis resminya.(h_n)