Adobe Systems Inc. telah memperluas platform Flash untuk device home entertainment seperti TV set, Blu-ray player dan set-top boxes. Adobe memperkenalkan, Senin (20/4), bahwa pergerakan Adobe ini dapat memudahkan user untuk menonton video berdefinisi tinggi, memainkan game berbasis Flash, dan mengakses content web di TV yang terkoneksi dengan Internet.


Sementara juru bicara Adobe mengungkapkan bahwa sebelumnya pihaknya berkomitmen akan membawa Flash Player ke iPhone, walaupun tidak diketahui pasti kapan waktunya. Bahkan, hingga kini Flash Player masih belum kompatibel dengan iPhone, salah satu smartphone populer untuk browsing web.

Adobe mengungkapkan bahwa sekitar 80 persen dari semua video online telah berjalan di platform Flash. Sementara masih ada kemungkinan lain, user juga bisa menonton video online melalui TV, namun Adobe mengatakan bahwa video online dengan TV belumlah sepenuhnya ’konsisten’, sebagai contoh untuk beberapa video YouTube mungkin dapat berjalan normal, namun beberapa lainnya tidak. Adobe mengharapkan TV dan device lainnya, seperti Blu-ray player yang telah support platform Flash di pertengahan tahun ini.(h_n)