Berita IT terbaru datang dari NEC dan Panasonic yang telah merilis sembilan model ponsel terbaru, Senin (13/4). Kesembilan ponsel tersebut direncanakan akan membawa system open source LiMo di dalamnya. Hal tersebut disampaikan oleh perusahaan wireless Linux foundation, LiMo, dalam trade show MWC (Mobile World Congress) di Barcelona, Februari lalu.


Fokus dari pasar ponsel telah berkembang ke pengembangan software, yang juga telah dilakukan oleh Google dan Apple setelah masuk ke pasar mobile, dua tahun lalu. Sementara hingga saat ini pasar platform software ponsel masih dipimpin oleh system operasi Nokia Symbian, walaupun kini sudah muncul pesaingnya, seperti Apple dan BlackBerry OS milik RIM (Research in Motion).

Sementara itu, system operasi Linux memiliki sedikit kesuksesan dalam bisnis ponsel, namun aturan tersebut kini sudah berubah dengan adanya platform LiMo ini, juga setelah Google menggunakan Linux untuk membuat platform Android. Linux sendiri merupakan system operasi open source computer yang gratis, yang dapat digunakan atau di-share secara bebas untuk public. Sedangkan untuk meraih untung, supplier Linux memperoleh pendapatan dari menjual improvisasi dan layanan teknis, tidak seperti Microsoft yang memberi biaya tambahan terhadap penggunaan software Windows.

LiMo juga mengungkapkan bahwa terdapat lima perusahaan yang kemudian bergabung dengan badan non-profit Linux foundation tersebut, yakni Aromasoft, CasioHitachi Mobile Communications, Marvell, Opera Software and Swisscom.(h_n)