Roket buatan India berhasil menempatkan sebuah satelit mata-mata ke orbit Bumi pada peluncuran Senin (20/4). Satelit yang dipesan khusus dari Israel itu akan dipakai untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya dari ancaman keamanan.


Kehebatan satelit tersebut dapat melihat daratan meski terhalang awan dan cuaca buruk. Satelit tersebut juga dapat memata-matai sepanjang siang dan malam.

Satelit yang diberi nama RISAT-2 ini diluncurkan menggunakan roket jenis polar satellite launch vehicle (PSLV) C-12 dari pusat peluncurannya di Sriharikota, Andra Pradesh, India bagian selatan pada pukul 06.45 waktu setempat.

"Ia telah sukses menempatkan diri di orbit 20 menit sejak peluncuran pagi ini," ujar G Padmanabhan, ilmuwan Organisasi Riset Antariksa India (ISRO) seperti dilansir AFP.

Peluncuran satelit tersebut dipercepat setelah insiden mematikan di Kota Mumbai pada 26-29 November 2008. Satelit tersebut tidak hanya untuk memantau pergerakan militan dari Pakistan yang dinilai India bertanggung jawab terhadap sejumlah serangan di negara tersebut. Dengan adanya satelit tersebut, India juga dapat mendeteksi adanya serangan roket dari luar.